04 November 2017

Manfaat Olahraga Lebih dari Sekedar Kesehatan Fisik. Apa Saja?





Selama ini, kebanyakan orang menganggap olahraga hanya memiliki manfaat terhadap fisik saja, seperti menyehatkan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi. Ternyata aktivitas fisik memiliki jauh lebih banyak manfaat daripada kesehatan fisik saja.
Semangat dan Disiplin bekerja lebih tinggi

Olahraga ditemukan berpengaruh terhadap peningkatan mood, sehingga mampu menumbuhkan semangat dalam bekerja. Bahkan, menyempatkan diri berolahraga ditengah jam kerja juga dapat meningkatkan performa kerja. Aktivitas olahraga yang dilakukan pun tak terlalu sulit, jogging atau yoga sudah cukup.

Penelitian yang dilakukan Leeds Metropolitan University terhadap 200 pegawai menemukan, pekerja yang sempat untuk menyempatkan untuk berolahraga atau pergi ke teampat fittnes merasakan perubahan dalam kinerja mereka.
Mereka mengaku dapat mengatur waktu lebih efektif, lebih produktif dalam bekerja, dan lebih mudah berintraksi dengan rekan kerja. Olahraga juga membuat pegawai lebih mudah menerima informasi baru.

Mengurangi stress dan membuat bahagia
Kinesielog dari Yale Stress Center, Matthew Stults-kolehmainen, mengatakan bahwa saat seseorang sedang berusaha, hormone norepinephrine akan keluar. Keluarnya hormon ini akan meningkatkan mood bahagia, meningkatkan kemampuan kognitif.
Menurutnya, beraktivitas fisik, seperti jogging, bersepeda, dan menari, mampu mengurangi level stress secara cepat. Apabila diukur dengan alat ukur psikiater PALMS, seseorang yang baru selesai berolahraga menunjukkan peningkatan pada mood, memori, dan energy. Serta penurunan tingkat depresi,ketegangan, dan rasa cemas.
Selain itu, berolahraga juga mengeluarkan hormone endorphin, yang bermanfaat pula dalam mengurangi tingkat stress. Hormon ini juga meningkatkan rasa bahagia seseorang.
Memperkuat tulang dan daya tahan tubuh
Manfaat olahraga untuk kesehatan fisik memang sudah tak perlu diragukan lagi. Latihan fisik sangat berpengaruh terhadap kekuatan tulang dan daya tahan tubuh.
Olahraga mampu meningkatkan system imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Aktivitas fisik membuat sirkulasi sel darah putih dan antibody bergerak lebih cepat, sehingga dapat mendeteksi penyakit lebih awal. Sel darah puth sendiri merupakan system imun yang bermanfaat untuk melawan penyakit.
Peningkatan suhu tubuh setelah berolahraga juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyakit, seperti halnya kalau seseorang sedang demam. Tak hanya itu, latihan fisik juga dapat mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernafasan. Dengan begitu, kemungkinan terserang Flu dan penyakit pernafasan lain pun berkurang.
Selain itu, olahraga juga bagus untuk kekuatan tulang. Latihan fisik dapat meminimalisir berkurangnya kepadatan tulang yang biasa terjadi pada usia dewasa, meningkatkan pembentukan massa tulang, dan menjaga keseimbangan sehingga tidak mudah terjatuh dan mengalami cidera tulang.
Rutin melakukan weightbearing exercises, seperti lari, tai chi, dan menari, juga dapat dapat mencegah osteoporosis. Berlari adalah kegiatan fisik yang menumpukan beban pada kaki, semakin jauh jarak tempuh pada saat berlari, akan berpengaruh pada kekuatan sendi serta tungkai pada tulang manusia.
Walaupun begitu, anda perlu untuk menyadari bahwa olahraga lari dapat menimbulkan cidera apabila tumpuan yang salah atau peralatan olahraga kita yang jauh dari kata nyaman saat berlari. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah cidera adalah memilih sepatu yang ringan dan nyaman digunakan.
Dengan begitu, energi yang harus keluar untuk menahan getaran pun bisa dihemat dan dialihkan untuk menambah kekuatan langkah saat berlari. Jadi, pelari tetap merasa nyaman berlari di atas permukaan jalan apapun, bahkan jalan bebatuan sekalipun.
Selamat Berolahraga!


Post a Comment

Rajawali Book

...
Kumpulan Berita Yang Menarik Di Dunia Dan Di Indonesia, Ayo Baca Di Rajawali Book.

Whatsapp Button works on Mobile Device only