31 January 2018

Gerhana Bulan Total Malam Ini Akan Berlangsung dengan Durasi Terlama Sepanjang Abad

Gerhana bulan total pada malam ini diprediksi akan berlangsung dengan durasi paling lama sepanjang abad.
PADANG – Gerhana bulan total (BGT) atau Super-Blue Blood Moon yang diprediksi terjadi nanti malam akan berdurasi lama yakni sekira 1 jam 16,8 menit. Hal itu sebagaimana diungkapkan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau, Sumatera Barat.

"Gerhana bulan yang terjadi ini terbilang unik karena berlangsung dalam waktu yang cukup lama, yaitu 1 jam 16,8 menit dan menjadikannya gerhana bulan total dengan durasi terlama sepanjang abad ini," ujar Kepala BMKG Minangkabau Achadi Subarkah Raharjo, Rabu (31/1/2017). Berdasarkan perhitungan BMKG, fase gerhana bulan diawali pada pukul 17.48 WIB, gerhana total mulai terjadi pukul 19. 51 WIB, puncaknya pukul 20.29 WIB, dan berakhir pukul 21.08 WIB. "Keseluruhan fase gerhana bulan berakhir pada pukul 23.09 WIB," paparnya.

Berdasarkan hasil analisis saat terjadinya gerhana bulan total, kondisi cuaca diprakirakan berawan pada malam hari di wilayah Padang, Padangpanjang, Bukittinggi, Padang Pariaman, Pariaman, Agam, dan Pesisir Selatan. Kemudian terjadi hujan ringan di Pasaman Barat, Pasaman, Payakumbuh, Limapuluh Kota, Dharmasraya, dan Solok Selatan.

Ia menambahkan, gerhana gerhana bulan total pada nanti malam tidak akan memengaruhi penurunan suhu udara di permukaan bumi. Hal ini berbeda dengan gerhana matahari total yang terjadi pada 9 Maret 2016 dan membuat penurunan suhu udara di bumi.

"Untuk gerhana bulan total sampai saat ini belum ada kajian ilmiah yang menjelaskan seberapa besar pengaruh gerhana bulan terhadap pola cuaca ekstrem di bumi secara khusus. Dengan demikian, masyarakat diimbau tidak terpengaruh isu yang beredar dari pihak yang tidak bertanggung jawab," tutupnya. 

Post a Comment

Rajawali Book

...
Kumpulan Berita Yang Menarik Di Dunia Dan Di Indonesia, Ayo Baca Di Rajawali Book.

Whatsapp Button works on Mobile Device only