26 January 2018

Mezanin BEI Ambruk karena Kegagalan Kerja Kabel Penyangga


Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) rampung mengidentifikasi penyebab ambruknya mezanin gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Kabel penyangga mezanin dinyatakan tidak berfungsi baik.

"Penyebab runtuhnya mezanin karena kegagalan kerja sambungan pada kabel sebagai penggantung, karena tidak tercapai gaya tarik atau tension pada kabel itu," kata Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarief Burhanuddin di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat, 26 Januari 2018.

Ada dua komponen utama dalam mezanin BEI, yakni kabel dan penahan baja lantai mezanin. Saat insiden terjadi, lapisan baja tidak ditahan oleh kabel yang berfungsi sebagai gantungan.

Kementerian PUPR melakukan pengujian guna memastikan sistem pengunci pada kabel penyangga. BEI juga diminta memeriksa kelayakan fungsi mezanin yang lain.

"Direkmondasikan pada pemilik BEI untuk lakukan pemeriksaan kelayakan fungsi selasar untuk menjamin keselamatan pengguna bangunan gedung," ucap Syarief.

Direktur Bina Penataan Bangunan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menyebut pemeriksaan mezanin di BEI harus dilakukan. Tak menutup kemungkinan ada kegagalan penyangga serupa.

"Ya harus dilalukan pengecekan, meski konstruksinya beda ya," kata Iwan.

Mezanin BEI roboh pada Senin, 15 Januari 2018. Pakar rekayasa konstruksi Insititut Teknologi Bandung (ITB) Muslinang Moestopo menduga ada satu bagian konstruksi yang gagal sehingga menyebabkan bagian lainnya ikut gagal.

"Itu ada yang failed ya. Tapi, perlu dilihat dulu bagian mana yang failed. Karena satu bagian yang failed itu bisa menyebabkan bagian-bagian berikutnya ikut failed," kata Muslinang kepada Medcom.id, Selasa, 16 Januari 2018.

Menurut dia, banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebab gagalnya bagian konstruksi. Di antaranya, kesalahan konstruksi saat proses pembangunan atau saat pemeliharaan yang dilakukan pengelola gedung.

Post a Comment

Rajawali Book

...
Kumpulan Berita Yang Menarik Di Dunia Dan Di Indonesia, Ayo Baca Di Rajawali Book.

Whatsapp Button works on Mobile Device only