Loading...

19 February 2018

BPBD Karo bantah ada korban tewas akibat erupsi Gunung Sinabung

Gunung Sinabung
Pihaknya belum menemukan adanya korban tewas dalam peristiwa itu
Medan - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) membantah adanya korban tewas akibat terjadinya erupsi besar Gunung Sinabung (2460 mdpl), Senin pagi.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Karo, Natanail Peranginangin di Medan, Senin, mengatakan pihaknya belum menemukan adanya korban tewas dalam peristiwa itu.

Bahkan hingga Senin siang, BPBD belum menerima adanya warga yang melaporkan bahwa anggota keluarganya yang hilang atau tewas akibat erupsi tersebut.

Ketika dipertanyakan mengenai isu yang berkembang yang menyebutkan adanya korban tewas, pihaknya mengharapkan masyarakat tidak terpengaruh dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Kalau mencari informasi, silahkan bertanya kepada aparatur pemerintah atau instansi yang berwenang," ujarnya.

Namun, Natanail Peranginangin mengakui pada Senin pagi tersebut, ada beberapa warga yang berupaya untuk memasuki zona merah atau daerah yang berbahaya jika Gunung Sinabung mengalami erupsi.

Meski demikian, pihaknya berhasil menghalangi upaya itu, termasuk mengimbau masyarakat yang berada di sekitar zona merah untuk keluar guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sampai saat ini, situasi masih aman dan tidak ada korban jiwa," ujar Natanail.

Sebelumnya, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara mengalami erupsi yang cukup besar pada Senin pagi, pukul 08.53 WIB. 

Berdasarkan pengamatan petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi pada Senin pagi itu lebih besar dari erupsi sebelumnya, serta mengalami beberapa erupsi susulan meski frekuensi lebih rendah.

Disebabkan letusannya cukup kuat, erupsi pertama tersebut memunculkan semburan awan panas hingga mencapai 5.000 meter lebih.

Post a Comment

Rajawali Book

...
Kumpulan Berita Yang Menarik Di Dunia Dan Di Indonesia, Ayo Baca Di Rajawali Book.

Whatsapp Button works on Mobile Device only