Loading...

19 February 2018

Pemerintah kucurkan bantuan kredit murah sebesar Rp2,5 triliun bagi usaha ultra mikro

UANG RUPIAH
Kredit ini khusus untuk usaha bermodal kecil dibawah Rp10 juta dan bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan
Pekanbaru - Pemerintah pusat mulai menggucurkan bantuan kredit murah sebesar Rp2,5 triliun dalam bentuk skim baru yang disebut Ultra Mikro (UMi) pada 2018.

"Kredit ini khusus untuk usaha bermodal kecil dibawah Rp10 juta dan bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan, " kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau Tri Budhianto di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan dana kredit murah Rp2,5 triliun ini disediakan bagi seluruh Usaha Kecil Mikro di Indonesia. Hal ini peluang bagi Provinsi Riau, terutama bagi para pelaku bermodal kecil masih terjerat rentenir.

Sebab UMi sudah dikemas dengan pola pinjam dengan bunga lebih kecil dan ringan sehingga tidak akan mencekik para UKM.

"Kami mau ini diinformasikan ke semua lapisan masyarakat bahwa ada dana murah yang bisa dipinjam dengan bunga ringan saat ini namanya UMi, " ujarnya.

Ia berharap media masa juga membuka informasi untuk menyampaikan skim kredit murah tanpa agunan ini kepada masyarakat kecil hingga ke pelosok, karena saat ini mereka selalu kesulitan untuk keluar dari jeratan rentenir yang "mencekik" dengan bunga yang besar.

Menurut dia penyaluran UMi ini sampai ke desa-desa untuk memberikan kredit murah dan mudah didapat dengan jumlah kecil dan dengan target UMKM di daerah-daerah.

"Penyaluran UMi akan dilakukan lewat lembaga keuangan non bank. Seperti Pegadaian, Permodalan Nasional Madani dan Bumdes," tuturnya.

Pemerintah juga akan menggandeng BUMDes nantinya untuk proses penyaluran.

Diharapkan dengan tidak tercivernya permodalan UKM selama ini oleh dan Kredit Usaha Rakyat (KUR), maka UMi bisa menjadi solusi.

Dari data mencatat dari target sekitar 76 ribu UMKM di Riau saat ini sedang membutuhkan bantuan kredit modal lunak, baru sekitar 65 ribu yang berhasil

Dengan UMi diharapkan mana yang tidak tercover oleh KUR bisa dibantu oleh kredit tanpa agunan tersebut. 

Post a Comment

Rajawali Book

...
Kumpulan Berita Yang Menarik Di Dunia Dan Di Indonesia, Ayo Baca Di Rajawali Book.

Whatsapp Button works on Mobile Device only