20 August 2019

Polda Metro Jaya Jamin Keamanan Warga Papua di Jabodetabek

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono.

Rajawali-Book.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono menyatakan kepolisian dan TNI menjamin keamanan masyarakat Papua yang ada di wilayah Jabodetabek. Ia juga mengimbau kepada masyarakat Papua untuk tetap beraktivitas dan berkegiatan seperti biasa.

"Polda Metro Jaya dengan TNI akan menjamin keamanan untuk beraktivitas, apakah itu pergi ke kantor, kegiatan-kegiatan sekolah, ataupun kegiatan-kegiatan lainnya," tutur Gatot di Mapolda Metro Jaya, Senin (19/8) malam.

Disampaikan Gatot, para tokoh masyarakat Papua di Jabodetabek ini juga akan menjadi perwakilan untuk mendinginkan situasi yang saat ini memanas. Tak hanya di wilayah Jabodetabek, diharapkan Gatot, mereka juga bisa ikut mendinginkan situasi di wilayah.

"Mungkin di Yogya, Surabaya, Papua akan menjadi cooling system, situasi aman, damai, situasi yang sejuk. Kita ingin Indonesia ke depan menjadi Indonesia yang toleran Indonesia yang damai dan Indonesia yang maju" tuturnya.

Sementara itu, perwakilan tokoh Papua Jabodetabek, Febiolla Irriana Ohei, mengapresiasi langkah pihak kepolisian yang berkomitmen menjamin keselamatan masyarakat Papua.

"Jadi saudara-saudara yang tadinya takut, khawatir aktivitas hari ini tidak perlu takut bisa kembali ke rumah, aktivitas biasa," ucap Febiolla.

Lebih lanjut, Febiolla meminta agar ada penegakan hukum terhadap oknum yang memicu terjadinya insiden di Malang dan Surabaya. Pihaknya juga meminta agar ada tindakan tegas terhadap kelompok-kelompok yang memicu konflik.

Kemudian, Febiolla juga berharap agar segala bentuk rasisme terhadap masyarakat Papua bisa dihentikan.

"Hentikan rasisme dalam bentuk apapun," ucap Febiolla.

Hari ini terjadi kerusuhan dan demonstrasi di sejumlah tempat di Papua dan Papua Barat seperti Manokwari, Sorong dan Jayapura.

Kerusuhan dan demo dipicu insiden yang melibatkan warga Papua di Surabaya dan Malang. Senin malam, di asrama Papua di Makassar juga dikabarkan terjadi bentrok. (dis/ayp)





Sumber: cnnindonesia.com

Post a Comment

Rajawali Book

...
Kumpulan Berita Yang Menarik Di Dunia Dan Di Indonesia, Ayo Baca Di Rajawali Book.

Whatsapp Button works on Mobile Device only