Loading...

07 March 2020

Dokter di Australia Positif Virus Corona, 70 Pasiennya Diduga Tertular

Virus Corona Covid-19.
Sebelum divonis terinfeksi virus corona, sang dokter yang merasakan gejala virus tersebut sempat merawat 70 pasien.

Rajawali Book - Otoritas Kesehatan Australia menutup sebuah kklinik kesehatan di Melbourne, Australia. Dokter di klinik tersebut dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru Covid-19 dan dikhawatirkan menginfeksi pasien-pasiennya.

Dialihbahasakan dari Channel News Asia, Sabtu (7/3/2020), sebelum dinyatakan positif corona, sang dokter sempat membuka praktik di kliniknya dan merawat 70 pasien. Otoritas Australia saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap para pasien yang pernah dirawat oleh sang dokter.

Dokter itu diduga tertular virus sepulangnya dari Amerika Serikat pada 29 Februari 2020. Selama perjalanan dari Denver ke San Francisco sebelum terbang ke Melbourne dengan penerbangan United Airlines 0060, sang dokter merasa tidak sehat dan pilek.

"Dokter itu kemungkinan terinfeksi di Amerika Serikat," kata Menteri Kesehatan Negara Bagian Victoria, Jenny Mikakos.

Setibanya di Australia, dokter itu sempat beristirahat sehari kemudian membuka praktik pengobatan pada 2 Maret. Selama kurun waktu 2 Maret hingga 6 Maret, sang dokter yang mulai merasakan gejala terinfeksi virus corona tersebut memeriksa sebanyak 70 pasien.

Mikakos mengaku terkejut, seorang dokter yang memiliki gejala virus corona justru memutuskan tetap bekerja dan memeriksa pasien sakit. Kementerian Kesehatan segera menutup klinik tersebut setelah sang dokter menjalani perawatan isolasi.

"Saya terperangah mengetahui seorang dokter yang memiliki gejala seperti flu tetap bekerja," ujarnya.

Saat ini, Kementerian Kesehatan setempat telah menghubungi para pasien untuk dilakukan pemeriksaan. Mereka juga memeriksa penumpang dalam penerbangan yang sama dengan sang dokter melalui data manifes pesawat.

Negara Bagian New South Wales melaporkan ada enam kasus baru virus corona dalam waktu semalam. Kini, total kasus virus yang berasal dari Wuhan, China itu berjumlah 70 kasus.

Laman berita Worldometers melaporkan data real time total kasus infeksi virus corona per 7 Maret 2020 hingga pukul 08.05 WIB sudah mencapai angka 100 ribu lebih. Hingga berita ini diturunkan, sudah ada 102.048 total kasus infeksi yang tercatat

Kabar baiknya, kesembuhan dari virus ini mencapai total 94 persen atau 57.609 orang. Macau dan Latvia menjadi dua negara baru yang memiliki angka kesembuhan 100 persen.

Di China tercatat juga ada 1.678 kesembuhan baru, menurut Komisi Kesehatan Nasional China. Di sisi lain, 99 kasus baru dan 28 kematian dilaporkan di provinsi Hubei, China.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.



Sumber: Suara.com

Post a Comment

Rajawali Book

...
Kumpulan Berita Yang Menarik Di Dunia Dan Di Indonesia, Ayo Baca Di Rajawali Book.

Whatsapp Button works on Mobile Device only