Loading...

22 April 2020

Diduga Tertular Pasien Tak Jujur, 8 Nakes di RSUD Pemalang Kena Corona

Ilustrasi pandemi virus Corona
Pemalang - Sebanyak delapan tenaga medis di RSUD M Ashari Pemalang terpapar virus Corona atau COVID-19. Tujuh orang di antaranya dirawat di rumah sakit, sedangkan seorang lainnya menjalani isolasi mandiri.

"Benar, itu satu rumah sakit, ya Rumah Sakit Ashari. Ada delapan tenaga medis kita yang terpapar COVID-19," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Pemalang, Tutuka Rahardjo saat dihubungi detikcom, Rabu (22/4/2020).

Tutuka membeberkan data delapan tenaga medis tersebut yakni empat orang laki-laki terdiri dari S (24) asal Jakarta; D (24) asal Pontianak, B (24) asal Bandung, dan W (34) asal Pemalang. Empat orang tenaga medis perempuan terdiri dari M (25) asal Sumatera Selatan, J (25) asal Jakarta Utara, M (23) asal Purwokerto dan M (24) asal Jakarta.

"Karena ada gejala klinis sedang seperti batuk pilek yang dirawat tujuh (orang) di rumah sakit. Ada salah satu yang isolasi mandiri di rumah," katanya.

Tutuka mengungkap delapan tenaga medis tersebut justru tidak bersentuhan dengan pasien virus Corona. Mereka selama ini bertugas di ruang Unit Gawat Darurat (UGD) dan sebagian kecilnya di bangsal.

"Tenaga medis ini terkonfirmasi positif Corona karena mereka kerap menghadapi pasien yang tidak jujur dalam riwayat perjalanannya dari zona merah," kata Tutuka.

Tim Gugus Tugas kini melaksanakan tracking terkait para pasien tersebut. Dengan penambahan delapan tenaga medis positif Corona di atas, maka hingga saat ini tercatat ada 15 orang warga Pemalang yang positif terjangkit virus Corona. Dua orang di antaranya dinyatakan sembuh.

"Ya kita berharap kerja samanya untuk semua warga tetap taati imbauan pemerintah. Kita bersama-sama melakukan percepatan dalam penanganan COVID-19 ini," kata Tutuka.



Sumber: news.detik.com

Post a Comment

Rajawali Book

...
Kumpulan Berita Yang Menarik Di Dunia Dan Di Indonesia, Ayo Baca Di Rajawali Book.

Whatsapp Button works on Mobile Device only