Trending

Kehabisan obat-obatan, perawatan: Pasien kanker di Gaza menghadapi kematian di tengah perang Israel

Tanpa pengobatan dan perawatan yang tepat, 2.000 pasien kanker di Jalur Gaza hidup dalam kondisi kesehatan yang sangat buruk.

Pasien dan pengungsi internal di Rumah Sakit al-Shifa di Kota Gaza pada 10 November 2023 [Khader Al Zanoun/AFP]

Jalur Gaza –  Duduk di kursi rodanya, Saida Barbakh melihat sekeliling ruang kelas yang penuh sesak di sekolah yang dikelola PBB di Khan Younis yang merupakan rumahnya saat ini. Dia menghela nafas dalam-dalam.

Obat pasien kanker tulang berusia 62 tahun itu telah habis beberapa hari sebelumnya. Dia telah dirawat di Rumah Sakit Al Makassed di Yerusalem Timur yang diduduki, dan setelah operasi yang sukses namun rumit, dia kembali ke Jalur Gaza pada tanggal 5 Oktober, dua hari sebelum perang dimulai.

“Saya seharusnya kembali setelah dua minggu untuk pemeriksaan kesehatan,” katanya. “Saya tidak menyangka keadaan akan mencapai tingkat bahaya seperti ini.”

Sekolah-sekolah yang dikelola PBB, tempat 725.000 pengungsi Palestina berlindung dari pemboman Israel yang tak henti-hentinya selama lebih dari sebulan, jauh dari ideal untuk menampung pasien yang sakit. Kurangnya listrik, air bersih yang mengalir, makanan dan tempat tidur, serta fasilitas kamar kecil yang tidak memadai, menjadikan sekolah sebagai tempat berjangkitnya penyakit , terutama infeksi saluran pernapasan, diare, dan ruam kulit.

“Saya merasa membutuhkan perawatan dan tidur dan saya tidak bisa banyak bergerak dengan kursi roda ini,” kata Barbakh. “Hidup dalam perang melawan kanker yang buruk dan menyakitkan ini sungguh mengerikan.”

Barbakh, yang berasal dari kota Bani Suhaila di sebelah timur Khan Younis, awalnya menjalani masa pemulihan di Rumah Sakit Persahabatan Turki-Palestina, satu-satunya rumah sakit untuk pengobatan kanker di Jalur Gaza.

Namun rumah sakit tersebut terpaksa menutup layanannya pada 1 November, setelah kehabisan bahan bakar akibat blokade Israel yang terus berlanjut di Jalur Gaza. Bangunan itu juga mengalami kerusakan parah akibat serangan berulang-ulang Israel di daerah sekitarnya, kata Kementerian Kesehatan. Lebih dari 11.000 warga Palestina telah tewas dalam pemboman Israel di Gaza sejak 7 Oktober.

Barbakh termasuk di antara 70 pasien kanker yang dievakuasi dari rumah sakit untuk pergi ke selatan, namun setelah rumahnya rusak akibat pemboman Israel – mengubah sebagian besar wilayah tersebut menjadi kota hantu – dia dan keluarganya tidak punya pilihan selain tinggal di tempat penampungan. sekolah.


Hanya perawatan klinis yang tersedia

Menteri Kesehatan Otoritas Palestina, Mai al-Kaila, memperingatkan bahwa nyawa 70 pasien kanker ini berada dalam ancaman serius karena kurangnya pengobatan dan tindak lanjut kesehatan.

Secara keseluruhan, 2.000 pasien kanker di Jalur Gaza hidup dalam “kondisi kesehatan yang sangat buruk akibat agresi Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza dan pengungsian massal”, kata al-Kaila.

Subhi Sukeyk, direktur Rumah Sakit Persahabatan Turki-Palestina, mengatakan lebih dari sebulan setelah dimulainya perang, obat-obatan telah habis.

“Perawatan khusus untuk pasien kanker, seperti kemoterapi dan pengobatan yang menggabungkan beberapa obat, tidak dapat diberikan,” kata Sukeyk kepada Al Jazeera. “Beberapa pasien dipindahkan ke Rumah Sakit Dar Essalam di Khan Younis, yang menurut mereka aman, namun tidak ada tempat yang aman sama sekali di Gaza.”

Rumah Sakit Dar Essalam tidak dapat menawarkan obat-obatan atau pengobatan kanker, namun menyediakan perawatan klinis dasar bagi pasien, katanya.

Namun beberapa pasien kanker telah meminta untuk bergabung dengan keluarga mereka di sekolah penampungan untuk meninggal di antara mereka karena mereka tahu bahwa rumah sakit tidak dapat memberikan pengobatan kepada mereka, tambahnya.

“Setiap hari, kami kehilangan dua atau tiga pasien kanker,” kata Sukeyk. “Pada malam pasien dipindahkan dari Rumah Sakit Persahabatan Turki,” katanya, “empat di antaranya meninggal. Malam sebelumnya enam pasien meninggal.”

Di Rumah Sakit Persahabatan Turki, hanya ada beberapa pasien yang tersisa. Di antara mereka adalah Salem Khreis, seorang pasien leukemia berusia 40 tahun.

“Tidak ada obat atau pengobatan,” katanya. “Saya tidak bisa menjelaskan betapa parah rasa sakitnya.”

Khreis mengatakan dia mengapresiasi para dokter yang selalu berada di sisi pasiennya, namun di luar jaminan mereka, tidak ada lagi yang bisa mereka lakukan.

“Mereka berdiri bersama kami dan memberi tahu kami bahwa mereka bersama kami, namun mata mereka penuh dengan kesedihan dan ketidakberdayaan karena betapa kami menderita,” katanya.

“Bisakah kita mati karena pengepungan? Apakah tidak cukup bagi Israel jika kita menderita kanker? Selamatkan kami dari ketidakadilan ini.”

Pekan lalu, Menteri Kesehatan Turki mengatakan negaranya dan Mesir telah sepakat untuk mengirim 1.000 pasien kanker dan warga sipil lainnya yang terluka yang membutuhkan perawatan mendesak di Gaza ke Turki untuk mendapatkan perawatan. Tidak ada rincian lain yang diberikan.


Tidak ada rujukan medis atau izin yang disetujui

Fasilitas kesehatan di Jalur Gaza telah terbebani oleh blokade Israel selama 16 tahun. Sebelum tanggal 7 Oktober, kata Sukeyk, dia menyerahkan kepada Kementerian Kesehatan sekitar 1.000 rujukan medis bagi pasien kanker setiap tahun untuk mendapatkan perawatan dan perawatan yang tepat di rumah sakit yang lebih khusus di luar wilayah yang dikepung.

Pasien dan keluarga mereka harus mengajukan permohonan izin medis, yang hanya dapat disetujui oleh Administrasi Koordinasi dan Penghubung Israel. Secara keseluruhan, sekitar 20.000 pasien per tahun meminta izin dari Israel untuk meninggalkan Jalur Gaza untuk mendapatkan layanan kesehatan sebelum perang, hampir sepertiga dari mereka adalah anak-anak.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Israel menyetujui sekitar 63 persen permohonan keluar medis ini pada tahun 2022.

Semuanya terhenti. Rumah sakit yang penuh sesak karena tingginya jumlah warga Palestina yang terluka akibat serangan Israel telah mulai mengeluarkan pasien kanker untuk memberi ruang bagi mereka yang terluka.

Sukeyk mengatakan, beberapa pasien kanker yang menunggu izin berobat sudah meninggal dunia, namun belum bisa memastikan jumlah pastinya karena kisruh perang.

“Jika seorang pasien tidak mendapat pengobatan, maka penyebaran kanker di tubuhnya tidak bisa dihindari dan dia akan meninggal,” ujarnya.

Reem Asraf, penderita kanker tiroid, juga sudah kehabisan obat. Dia seharusnya dirawat di Rumah Sakit Al Makassed di Yerusalem Timur, namun penyeberangan Beit Hanoon, yang dikenal sebagai Erez bagi orang Israel, di utara belum berfungsi sejak 7 Oktober.

Asraf menjalani dua operasi termasuk satu operasi pengangkatan tumor di lehernya, namun memerlukan perawatan dan pemeriksaan lebih lanjut.

“Saya tidak dapat bergerak atau bahkan berdiri karena kesehatan saya yang memburuk dan kurangnya obat penghilang rasa sakit yang diperlukan untuk kondisi saya,” katanya, berbicara dari Khan Younis setelah dia mengungsi dari rumahnya di Kota Gaza.

“Dalam menghadapi kematian dan kehancuran, kata-kata tidak dapat menggambarkan penderitaan yang kami alami sebagai pasien kanker.”





SUMBER : AL JAZEERA

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama