Trending

Hasil Practice MotoGP Qatar 2023 - Martin Frustrasi Saat Bagnaia Kasih Jempol, Marquez pun Pilih Nomor 1 untuk Towing karena Lebih Meyakinkan

 

Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, saat tampil pada latihan MotoGP Qatar di Sirkuit Lusail, Lusail, Qatar, 17 November 2023.

Practice MotoGP Qatar 2023 diwarnai dengan raut wajah frustrasi Jorge Martin (Prima Pramac) yang kesulitan untuk menemukan kecepatan.

Martin menggeleng-gelengkan kepala sepanjang practice MotoGP Qatar 2023 yang digelar di Sirkuit Lusail, Lusail, Qatar, Jumat (17/11/2023).

Start kurang mulus dijalani pembalap yang masih punya 'utang' 14 poin dengan juara bertahan sekaligus pemuncak klasemen sementara, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Martinator tampil sebentar di run pertamanya. Hanya setelah tiga lap, dia kembali ke garasi dengan raut wajah tidak puas.

Sinyal masalah makin terlihat saat sang penantang gelar berbicara dengan kepala krunya sambil menggeleng-gelengkan kepalanya.

Sampai 20 menit pertama sesi, pace Martin bahkan paling buruk. Dia terpaut 3 detik lebih dari catatan terbaik. Masih belum ada solusi setelah percobaan kedua.

Padahal, pembalap lainnya segera menemukan kecepatan.

Dalam 10 menit sudah ada 9 pembalap dari 4 pabrikan berbeda yang mampu menembus waktu lap 1 menit 54 detik layaknya balapan MotoGP Qatar musim lalu.

Maverick Vinales (Aprilia Racing) menjadi yang tercepat untuk sementara dengan torehan 1 menit 54,148 detik.

Ini sudah lebih cepat dari rekor waktu lap balapan MotoGP Qatar yaitu 1:54,338 yang dicetak oleh juara bertahan GP Qatar, Enea Bastianini, pada 2022.

Di sudut juara bertahan, Bagnaia tidak mengalami masalah besar walau performanya juga tidak menonjol.

Saat kembali ke pit stop untuk rehat sejenak, pembalap bernomor satu itu telah meningkatkan kecepatannya menjadi 1 menit 54,889 detik.

Menuju setengah jam terakhir sesi, Martin mencoba cara lain dengan memasang ban belakang keras dari sebelumnya medium.

Kecepatannya meningkat tetapi mentok di 1 menit 55,2 detik saat kembali lagi ke garasi. Ekspresi Martin masih sama.

Bagnaia memakai kombinasi ban yang sama seperti Martin (depan medium, belakang keras) saat kembali ke trek.

Tampaknya percobaan ini juga kurang berhasil. Ducati pun segera memanggil ujung tombak mereka untuk mengganti motor dengan setup lain.

Sementara itu, sejumlah pembalap mencoba untuk melakukan time attack dengan memasang ban belakang lunak segar.

Aprilia berkuasa dengan tiga pembalap di menguasai tiga besar sementara yaitu Vinales dan duo tim satelit CryptoDATA RNF yaitu Raul Fernandez dan Miguel Oliveira.

Vinales meningkatkan waktu terbaiknya menjadi 1 menit 53,340 detik diikuti Fernandez yang hasil tercepatnya cuma terpaut 0,005 detik.

Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing) tak mau kalah dengan melesat untuk waktu lap 1 menit 52,892 detik, lebih cepat daripada Martin (1:53,001) saat menjadi pole sitter GP Qatar 2022.

Menuju 15 menit terakhir, Martin dan Bagnaia kembali dengan strategi berbeda. Martin mengaspal dengan ban belakang lunak sedangkan Bagnaia medium.

Martin akhirnya menembus 10 besar dengan catatan waktu 1 menit 53,336 detik di percobaan pertamanya. Bagnaia sedikit lebih baik dengan 1 menit 53,322 detik.

Tepat di belakang Bagnaia untuk towing, Marc Marquez (Repsol Honda) menyelinap di antara dua penantang gelar dengan catatan 1 menit 32,323 detik.

Akhir pekan ini tidak dibuka dengan mulus bagi Marquez. Honda juga sama karena keempat pembalap motor RC213V tenggelam di empat peringkat terbawah di sesi sebelumnya

Kembali ke Martin, dia masuk ke garasi masih dengan menggeleng-gelengkan kepala. Bagnaia terlihat lebih tenang dengan memberi jempol kepada krunya.

Enam menit terakhir dan Martin-Bagnaia kembali untuk run terakhir.

Bagnaia tampaknya lebih diunggulkan, setidaknya menurut Repsol Honda yang menempatkan dua pembalap mereka yaitu Marquez dan Joan untuk membuntuti di belakangnya.

Lap cepat pertama sayangnya tidak masuk hitungan gegara mereka melewati bendera kuning di sektor terakhir yang disebabkan insiden Pol Espargaro (GASGAS Tech3).

Pada percobaan kedua dan terakhir Martin sedikit lebih cepat daripada Bagnaia dengan 1 menit 53,195 detik berbanding 1 menit 53,202 detik.

Martin dan Bagnaia bisa bernapas lega karena menembus 10 besar catatan waktu untuk lolos langsung ke kualifikasi 2.

Demikian juga Marquez meski posisinya mepet di urutan ke-10.

Marquez tak bisa memanfaatkan Bagnaia sampai akhir karena Nuvola Rossa, julukan Bagnaia dan Ducati, memelankan diri setelah mencetak waktu lap yang kompetitif.

Sementara itu, rekor waktu lap tercepat MotoGP di Lusail hampir saja terpecahkan saat Vinales mencetak 1 menit 52,652 detik.

Sayangnya, catatan waktu Top Gun dianulir gegara bendera kuning. Pembalap tercepat akhirnya tetap Raul Fernandez dengan 1 menit 52,843 detik.

Rekor waktu lap tercepat MotoGP di Lusail masih atas nama Bagnaia dengan 1 menit 52,772 detik yang ditorehkan pada 2021.


10 BESAR HASIL PRACTICE MOTOGP QATAR 2023

1. Raul Fernandez (CryptoDATA RNF)

2. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing)

3. Maverick Vinales (Aprilia Racing)

4. Brad Binder (Red Bull KTM)

5. Aleix Espargaro (Aprilia Racing)

6. Luca Marini (Mooney VR46)

7. Jorge Martin (Prima Pramac)

8. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

9. Augusto Fernandez (GASGAS Tech3)

10. Marc Marquez (Repsol Honda)


hasil selengkapnya menyusul...





Sumber: BOLASPORT.COM

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama